Reklame

A. Pengertian Reklame

Reklame berasal dari bahasa Latin, yaitu re- yang artinya perulangan, dan clamo (clomos) yang artinya menyerukan. Jadi reklame adalah seruan yang berulang-ulang. Maksudnya dari meny erukan disini adalah mempromosikan sesuatu yang berkaitan dengan barang dagangan.

B. Pembagian reklame

1. reklame menurut pemasangan

a. Reklame Dalam

Reklame dalam adalah reklame yang terdapat didalam rumah atau          gedung seperti di toko-toko, supermarket, di gedung bioskop, dan sebagainya.

Contohnya : rekmale di televisi, dalam buku, majalah, koran, slide, dan sebagainya.

b. Reklame Luar

Reklame luar adalah reklame yang operasinya diluar rumah atau gedung. Bentuk reklame luar biasanya lebih bebas dibandingkan reklame dalam.

Contohnya : papan nama, papan reklame, plakat, spanduk, dan pamflet.

2. Menurut sifat dan jenisnya

a. Menurut sifatnya reklame bisa untuk penerangan, peringatan, perhatian, permintaan, dan anjuran.

b. Menurut jenisnya yaitu : reklame iklan, poster, spanduk, plakat, pamflet.

C. Ketentuan Pembuatan Reklame

1. Proporsi, gambar, bentuk, dan huruf hasur seimbang.

2. Komposisi gambar, garis warna dan bentuk benda dengan susunanya harus harmonis.

3. Warna-warna yang digunakan, baik untuk huruf, warna dasar, warna benda, harus serasi dan menarik. Warnanya disesuaikan dengan warna barang yang direklamekan, bahkan harus persis terutama bentuknya.

4. Huruf yang digunakan harus jelas dan mudah dibaca serta mudah untuk diingat, karena tulisan digunakan untuk memperjelas pesan yang akan disampaikan. Dengan demikian tulisan sama pentinya dengan gambar.

D. Bentuk-bentuk Reklame

Menurut bentuknya reklame dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

1. Reklame Audio, ialah reklame yang dinikmati dengan pendengaran. Misalnya iklan lewat radio yang penyiarannya dilakukan berulang-ulang serta diiringi lagu-lagu.

2. Reklame Visual, ialah reklame yang dinikmati dengan penglihatan. Contohnya : papan nama, papan reklame, poster, brosur, spanduk, dan pamflet.

3. Reklame Audio-Visual, ialah reklame yang dinikmati dengan penglihatan dan pendengaran. Contontnya : iklan yang ada di televisi atau bioskop.

E. Tujuan Reklame

1. Reklame Sosial, yaitu reklame yang bertujan untuk kemanusian, seperti reklame penerangan, peringatan, dan perhatian.

2. Reklame Komersial, yaitu reklame yang bertujuan untuk menawarkan barang atau produk.

Perihal mbyarts
seseorang yang mau belajar tentang seni

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: