MENGAPRESIASIKAN DAN MENYAJIKAN KARYA SENI MUSIK NUSANTARA

Kekayaan musik daerah tidak hanya dilihat dari bahasa, tangga nada, serta latar belakang budayanya saja, melainkan dapat dilihat dari alat musik yang digunakan. Ada bermacam-macam alat musik yang kita kenal. Perbedaan alat musik tersebut mengakibatkan perbedaan cara memainkannya. Ada alat musik yang dipetik, ditiup, digesek, atau dipukul. Selain itu, perbedaan alat musik dapat terjadi karena sumber bunyinya. Ada alat musik yang sumber bunyinya udara, dawai/tali/senar, dan selaput kulit, bahkan ada yang sumber bunyinya berasal dari alat musik itu sendiri.

A. Jenis Alat Musik tradisional Nusantara

1. Alat Musik Daerah Berdasarkan Sumber Bunyi

Pembagian alat musik daerah berdasarkan sumber bunyinya dapat dibedakan menjadi empat bagian, yaitu :

a.      Membranofon

Membranofon adalah kelompok alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput kulit. Contoh : tifa (Maluku dan Irian), kendang (Jawa Tengah dan Bali), Panungtung (Sunda), marwas (Aceh), ketipung dan rebana (Jawa Tengah dan Betawi).

 

Kendang dari Jawa Tengah


b.     Idiofon

Idiofon adalah kelompok alat musik yang sumber bunyinya berasal dari badan alat musik itu sendiri. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul dan mempunyai alat bantu tersendiri. Contoh : gong, saron, dan gender (Jawa Tengah, Sunda , dan Bali), angklung, arumba, dan calung (Jawa Barat), kolintang (Sulawesi Utara), gambang (Jawa Tengah), cungklik (lombok), talempong (Sumatra), dan doli-doli (Nias)

 

 

Gong, dari Jawa Tengah

c.      Aerofon

Aerofon adalah kelompok alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup atau dipompa. Contoh : Gong angin (Jawa Barat), tarompet (Jawa Barat), basi-basi (Sulawesi Selatan), foi mere (Flores), gogolio (Betawi), kledi (Kalimantan), dan nafiri (Maluku).

 

Aerofon, Jenis alat musik tiup

d.     Kordofon

Kordofon adalah kelompok alat musik yang sumber bunyinya berupa dawai, senar, atau tali yang bergetar. Biasanya alat musik ini mempunyai resonasi, memainkannya ada yang dipetik, ada yang digesek, dan ada juga yang ditekan. Contoh : rebab (Jawa Tengah), tarawangsa dan kecapi (Jawa Barat), siter (Jawa Tengah), sasando (Timor), talindo (Sulawesi Selatan), rendo (Banten), keso-keso (Toraja), dan sampek (Kalimantan).

 

Kecapi, dari Jawa Barat

2. Alat Musik Daerah Berdasarkan Cara Memainkan

Jenis alat musik daerah ditinjau dari cara memainkannya dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu :

a.      Alat Musik Pukul

Jenis alat musik ini ada yang dimainkan dengan cara ditepuk, ada juga dipukul dengan tangan atau alat pukul, dan ada pula yang digoyang. Contoh : kendang, rebana, gedumba, dan tifa (ditepuk), gender, bonang, kolintang, saron, gong, arumba, dan gambang (dipukul), angklung (digoyang). Semua alat musik ini termasuk kelompok alat musik Idiofon.

 

 

Bonang, Jenis alat musik pukul

 

b.     Alat Musi Petik

Alat musik dawai/tali/senar yang cara memainkannya dengan dipetik menggunakan jari tangan atau alat yang disebut plectrum. Contoh: gambus, kacapi, siter, sasando, talindo, celempung, dan sampek.

 

Gambus, jenis alat musik petik

 

c.      Alat Musik Gesek

Alat musik dawai/tali/senar yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan alat bantu gesek. Contoh: tarawangsa, rebab, dan rendo.

 

Rebab, Jenis alat musik gesek

 

d.     Alat Musik Tiup

Alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup. Contoh : tarompet, gong angin, sangka, seerunai, suling, saluang, kledi, dan gogolio. Semua alat musik ini termasuk alat musik kelompok aerofon.

 

Saluang. Jenis alat musik tiup

 

About these ads

Perihal mbyarts
seseorang yang mau belajar tentang seni

2 Responses to MENGAPRESIASIKAN DAN MENYAJIKAN KARYA SENI MUSIK NUSANTARA

  1. seni adl asset bdayya indonesiia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: